• Beranda
  • Website Perpustakaan
  • Panduan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Penanda Bagikan

SKRIPSI DIGITAL

Peran Social Media Use to Work Melalui Trust-Based Actived Participation dalam Membangun Innovative Culture dan Dampaknya pada Creative Performance: Sebuah Studi Industri Kreatif yang Menerapkan Platform Digital = The Role of Social Media Use to Work through Trust-Based Actived Participation in Building Innovative Culture and its Impact on Creative Performance: A Study of Creative Industries Implementing Digital Platforms

Nur Nelisa Adah - Nama Orang; Iwan Hermawan - Nama Orang; SUHARMANTO - Nama Orang;

Tantangan utama dalam membangun industri kreatif yang mengakuisisi platform digital adalah keterbatasan ide-ide yang digunakan untuk mendorong hadimya produk booming dan keterbatasan pemahaman karyawan pelaku industri kreatif dalam menghadapi perubahan teknologi, hal ini sejalan dengan fenomena dimana 31,40% pelaku bisnis digital di Indonesia masih mengalami penurunan pendapatan pada tahun 2022. Berkaitan dengan hambatan tersebut tujuan penelitian ini adalah mencari konstruk-konstruk yang mampu memediasi peran teknologi dalam bentuk Social Media Use to Work (SMUW) dalam dampaknya terhadap Creative Performance (CP). SMUW dalam banyak studi memiliki pengaruh tidak signifikan dalam membangun CP. Studi ini menawarkan peran Trust-Based Active Participation (TBAP) dan Innovative Culture (IC) dalam mengungkit peran SMUW dalam dampaknya terhadap CP dalam organisasi.
Populasi objek penelitian ini adalah Industri kreatif yang menggunakan platform digital di Jawa Tengah dengan jumlah sampel 188 unit usaha kreatif yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah mengunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dan alat analisis AMOS 22. Penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa SMUW tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap CP, namun SMUW terhadap TBAP memiliki pengaruh 0,651 dan TBAP ke CP memiliki pengaruh 0,431, dari capaian ini dibuktikan secara empiris TBAP mampu memediasi secara penuh peran SMUW terhadap CP. Pada penerapan strategi didapatkan hasil bahwa untuk mengoptimasi peran SMUW terhadap CP maka selain TBAP perlu hadimya IC, IC memberikan bukti empiris menjadi jalur terbaik setelah TBAP, dan hal ini menjadi kontribusi dalam domain teori learning organization dan middle ring dynamic capability. Pada implikasi praktikal ditemukan bahwa manajerial perlu membangun kohesivitas tim melalui peran pemilihan anggota-anggota yang memiliki style dan cara pandang inovasi yang sama, serta bagaimana membangun budaya inovasi yang sesuai pada organisasi.


Fulltext
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BT 049 2023
Penerbit
Semarang : Politeknik Negeri Semarang., 2023
Deskripsi Fisik
xv, 110 hal.: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subjek
MEDIA SOSIAL
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nur Nelisa Adah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Panduan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Si-Repo adalah platform digital yang dikelola oleh UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang, menyimpan karya ilmiah seperti Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis dari sivitas akademika Polines, untuk mendukung kebutuhan akademik, penelitian, dan pengembangan.

Pengunjung Web

Hari ini : Minggu ini : Bulan ini : Total :

© 2025 — Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?