• Beranda
  • Website Perpustakaan
  • Panduan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Penanda Bagikan

TA DIGITAL

Pengaruh Pembelajaran Campuran (Blended Learning) Terhadap Pemahaman Materi Peserta Pelatihan Teknis Pada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 = The Influence Of Blended Learning On The Participants Understanding Material Of Technical Training At BPSDMD Central Java Province In 2023

Dewi Lestari - Nama Orang; Sri Marhaeni Salsiyah - Nama Orang; Mellasanti Ayuwardani - Nama Orang;

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah merupakan satuan perangkat daerah dilingkungan pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pengembangan kompetensi ASN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh pembelajaran campuran terhadap hasil belajar peserta pelatihan teknis pada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta pelatihan teknis metode pembelajaran campuran pada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner yang dibagikan kepada 80 orang responden dengan teknik sampel jenuh. Variabel bebas dari penelitian ini adalah pembelajaran campuran dan variabel terikat dari penelitian ini adalah pemahaman materi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS versi 26, hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Y = 8,382 + 0,343X dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang dapat diartikan bahwa pembelajaran campuran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman materi. Berdasarkan uji t untuk pembelajaran campuran Ho ditolak dan Ha diterima karena variabel pembelajaran campuran memiliki thitung (5,313) > ttabel (1,99085). Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya Adjusted R Square sebesar 0,256 yang berarti kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 25,6% sedangkan sisanya 74,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Pembelajaran Campuran, Pemahaman Materi


Fulltext
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
AB 029 2023
Penerbit
Semarang : Politeknik Negeri Semarang., 2023
Deskripsi Fisik
xvii, 83 hal.; ilus, 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subjek
PEMBELAJARAN CAMPURAN
BLENDED LEARNING
PEMAHAMAN MATERI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dewi Lestari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Panduan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Si-Repo adalah platform digital yang dikelola oleh UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang, menyimpan karya ilmiah seperti Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis dari sivitas akademika Polines, untuk mendukung kebutuhan akademik, penelitian, dan pengembangan.

Pengunjung Web

Hari ini : Minggu ini : Bulan ini : Total :

© 2025 — Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?