• Beranda
  • Website Perpustakaan
  • Panduan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Penanda Bagikan

SKRIPSI DIGITAL

Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, Lingkungan Sosial, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah (Studi Pada UMKM Kota Semarang) = Analysis of the Influence of Product Knowledge, Religiosity, Social Environment, and Reputation on Interest in Saving in Islamic Commercial Banks (Study on MSMEs in the City of Semarang)

ADHALIA FERINISTYAWATI - Nama Orang; Mustika Widowati - Nama Orang; Atif Windawati - Nama Orang;

Adhalia Ferinistyawati, NIM. 4.42.20.0.02, "Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas, Lingkungan Sosial, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Bank Umum Syariah (Studi Pada UMKM Kota Semarang)", Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Mustika Widowati, S.E., M.Si. dan Atif Windawati, S.ST., MBA., 24 Juli 2024, 92 Halaman.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh pengetahuan produk, religiusitas, lingkungan sosial, dan reputasi terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang, baik secara simultan maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang berupa purposive sampling( Judgement Sampling) sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis data menggunakan Model Analisis Regresi Linier Berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji statistik F, Koefisien Determinasi (R²), dan Uji Statistik t yang diolah dengan program SPSS 25.00.
Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk, religiusitas, lingkungan sosial, dan reputasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang. Secara parsial variabel pengetahuan produk, lingkungan sosial, dan reputasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang, sedangkan variabel religiusitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat menabung di Bank Umum Syariah pada UMKM Kota Semarang.
Kata kunci : Minat Menabung, Pengetahuan Produk, Religiusitas, Lingkungan Sosial, dan Reputasi.


Fulltext
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PS 0043 2024
Penerbit
Semarang : Politeknik Negeri Semarang., 2024
Deskripsi Fisik
xvii, 102 hal: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subjek
PERBANKAN SYARIAH
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ADHALIA FERINISTYAWATI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Panduan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Si-Repo adalah platform digital yang dikelola oleh UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang, menyimpan karya ilmiah seperti Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis dari sivitas akademika Polines, untuk mendukung kebutuhan akademik, penelitian, dan pengembangan.

Pengunjung Web

Hari ini : Minggu ini : Bulan ini : Total :

© 2025 — Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?