SKRIPSI DIGITAL
Implementasi E-CRM Berbasis Web Untuk Membangun Branding dan Loyalitas Pelanggan Pada Sanggar Kamala 73 Semarang = Implementation of Web-Based E-CRM to Build Branding and Customer Loyalty at Sanggar Kamala 73 Semarang
Sanggar Kamala 73 adalah usaha bergerak di bidang penyewaan pakaian tradisional pada berbagai acara. Permasalahan dalam penelitinan ini adalah pemasaran dan pengenalan produk Sanggar Kamala 73 belum menggunakan platform online berbasis website. Kegiatan pemasaran menjadi tidak efektif dan efisien. Oleh karena itu, diperlukan sebuah website E-CRM yang dapat memberikan informasi bisnis kepada pelanggan untuk membangun merek dan loyalitas pelanggan. Metode untuk mengembangkan website E-CRM adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan CMS WordPress dan menerapkan model Waterfall. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi E-CRM berbasis web mampu meningkatkan interaksi dan komunikasi dengan pelanggan. Peningkatan interaksi dan komunikasi memberikan kontribusi pada penguatan citra merek dan loyalitas pelanggan. Saran bagi Sanggar Kamala 73 adalah untuk mengadopsi teknologi serupa guna mencapai keberhasilan bisnis yang berkelanjutan.
Tidak tersedia versi lain