TA DIGITAL
Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Cuatomer Satisfaction Pengguna Aplikasi PLN MOBILE di PT PLN (Persero) ULP Ungaran = The Influence Of E-Service Quality ON E-Customer Satisfaction Of PLN MOBILE Application Users AT PT PLN (Persero) ULP Ungaran
Customer satisfaction (kepuasan pelanggan) adalah evaluasi atau presespsi yang dilakukan oleh pelanggan terhadap produk atau layanan suatu perusahaan, yang didasarkan pada pengalaman mereka selama interaksi dengan perusahaan. Ketika pelanggan merasa puas dengan kualitas suatu layanan, mereka cenderung
memberikan pendapat positif tentang layanan tersebut kepada orang lain.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap e-customer satisfaction pada pengguna aplikasi PLN Mobile di PT PLN (Persero) ULP
Ungaran. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data
dikumpulkan melalui kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitas
dibagikan kepada 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi PLN Mobile
di PT PLN (Persero) ULP Ungaran. Analisi data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil perhitungan
analisis regresi sederhana, menunjukkan bahwa e-service quality (X) memberikan
pengaruh positif terhadap e-customer satisfaction (Y). Dari hasil uji t menunjukkan variabel e-service quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel e-customer satisfaction. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,804. Artinya variabel e-service quality memberikan pengaruh
secara positif terhadap e – customer satisfaction sebesar 80,4% sedangkan sisannya 19,6% dipengaruhi faktor lain.
Tidak tersedia versi lain