• Beranda
  • Panduan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Penanda Bagikan

SKRIPSI DIGITAL

Analisis Stabilitas Abutment terhadap Perbedaan Panjang Konstruksi Jalur A dan Jalur B (Studi Kasus: Abutment 1 Jembatan Bagor pada Proyek Jalan Tol Solo – Yogyakarta – New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo Seksi 1: Ruas Solo – Purwomartani Paket 1.2 STA 22+300 – STA 42+375) = Stability Analysis of Abutments in Relation to the Length Differences of Construction in Track A and Track B (Case Study: Abutment 1 of Bagor Bridge on the Solo - Yogyakarta - New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulon Progo Toll Road Project, Section 1: Solo - Purwomartani Segment, Package 1.2 STA 22+300 - STA 42+375)

ALAM MEGANTORO - Nama Orang; Rafi Setioko - Nama Orang; Sudarmono - Nama Orang; Warsiti - Nama Orang;

Jembatan Bagor yang berada di STA 25+748 memiliki kondisi sungai yang berliku menyebabkan posisi pilar 1 (P1) tidak sejajar atau zig-zag, yang mengakibatkan
perbedaan panjang konstruksi antara Jalur A sepanjang 31,50 meter dan Jalur B
sepanjang 46,50 meter. Perbedaan panjang ini berdampak pada pembebanan yang
tidak seimbang pada abutment Jembatan Bagor, yang mempengaruhi stabilitas
abutment.

Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
berupa analisis sebab-akibat menggunakan data yang sudah ada. Penelitian ini
menggunakan pedoman SNI 1725:2016 dengan kombinasi pembebanan Daya
Layan I, Daya Layan II, Daya Layan III, Daya Layan IV, dan Ekstrem I.

Pada Jalur B, yang memiliki konstruksi lebih panjang dibandingkan Jalur A,
menghasilkan beban dan momen yang lebih besar pula dengan persentase
perbedaan pembebanan bernilai 33,67%, persentase momen arah x bernilai 21,26%,
dan persentase momen arah y bernilai 39,92%. Kemudian hasil perhitungan SFreal
ekstrem I untuk stabilitas geser arah memanjang sebesar 2,31 dan arah melintang
sebesar 2,73, untuk stabilitas guling arah memanjang sebesar 1,29 dan arah
melintang sebesar 13,55, serta stabilitas daya dukung tiang tunggal sebesar 1,96 dan
kelompok tiang sebesar 13,83. Nilai masing-masing SFreal > 1,00, sehingga dapat
disimpulkan bahwa abutment 1 Jembatan Bagor berada dalam kondisi stabil di
semua kombinasi pembebanan.


Fulltext
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
JJ 0002 2024
Penerbit
Semarang : Politeknik Negeri Semarang., 2024
Deskripsi Fisik
xvii, 134 hal: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subjek
PERANCANGAN JALAN DAN JEMBATAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ALAM MEGANTORO
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Panduan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Si-Repo adalah platform digital yang dikelola oleh UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang, menyimpan karya ilmiah seperti Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis dari sivitas akademika Polines, untuk mendukung kebutuhan akademik, penelitian, dan pengembangan.

Pengunjung Web

Hari ini : Minggu ini : Bulan ini : Total :

© 2025 — Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?