• Beranda
  • Website Perpustakaan
  • Panduan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Penanda Bagikan

TA DIGITAL

Tinjauan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sistem Maklon atas Brand Elektronik pada PT Arisamandiri Pratama Demak (Studi Kasus: Divisi Ekspor) = A Review of The Standart Operating Procedures (SOP) Makloon System of Electronic Brands at PT Arisamandiri Pratama Demak (Case Study: Export Division)

NOVALIA ANANDA PUTRI - Nama Orang; SRI Eka Sadriatwati - Nama Orang; Irawan Malebra - Nama Orang;

PT Arisamandiri Pratama merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak pada bidang elektronik dan memberlakukan sistem maklon untuk beberapa brand elektronik berupa Air Conditioner (AC) seperti Black and Decker, Gree, Daikin, dan Panasonic. Produk tersebut tidak hanya dijual di dalam negeri namun juga dijual hingga luar negeri. Tugas Akhir ini membahas mengenai standar operasional prosedur sistem maklon oleh divisi ekspor pada PT Arisamandiri Pratama. Pada penelitian ini prosedur sistem maklon dibagi menjadi dua bagian yaitu prosedur produksi dan prosedur pengiriman ekspor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis standar operasional prosedur sistem maklon dalam produksi dan pengiriman ekspor produk Air Conditioner (AC) Portable merek Black and Decker dengan kapasitas pendingin 8000 BTU. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat berbagai tahapan yang cukup panjang pada prosedur sistem maklon. Prosedur sistem maklon brand elektronik pada perusahaan ini berpedoman pada standarisasi ISO 9001:2015. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah prosedur pengiriman yang dilakukan oleh divisi ekspor telah sesuai standar ISO 9001. Meskipun demikian, terdapat aspek standar operasional prosedur lainnya yang belum dilakukan oleh perusahaan yaitu prosedur pengukuran kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, meskipun memproduksi brand sendiri, perusahaan masih menerapkan sistem makloon sebab dalam prosedurnya perusahaan secara tidak langsung sudah melakukan survei kepuasan pelanggan sekaligus pada tahap perancangan produk melalui konfirmasi sampel. Dalam artian lain perusahaan tidak perlu melakukan survei kembali. Namun, akan tetap lebih baik apabila prosedur dilakukan secara sempurna sesuai dengan standar ISO 9001 yang berlaku.

Kata Kunci: SOP, Sistem Maklon, Brand, Ekspor


Fulltext
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
AB 0018 2024
Penerbit
Semarang : Politeknik Negeri Semarang., 2024
Deskripsi Fisik
xvi, 103 hal: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subjek
ADMINISTRASI BISNIS
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
NOVALIA ANANDA PUTRI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Panduan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Si-Repo adalah platform digital yang dikelola oleh UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang, menyimpan karya ilmiah seperti Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis dari sivitas akademika Polines, untuk mendukung kebutuhan akademik, penelitian, dan pengembangan.

Pengunjung Web

Hari ini : Minggu ini : Bulan ini : Total :

© 2025 — Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?