• Beranda
  • Website Perpustakaan
  • Panduan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Penanda Bagikan

TA DIGITAL

Rancang Bangun Aplikasi Pemetaan Ekowisata Perhutani Berbasis Mobile Multi-Platform Dengan Fitur Augmented Reality = Design and Development of a Multi-Platform Mobile Based Perhutani Ecotourism Mapping Application with Augmented Reality Features

FAUZAN WIDYANURSASONGKO YUSUF - Nama Orang; Restu Dwi Saptoaji - Nama Orang; Slamet Handoko - Nama Orang; Kuwat Santoso - Nama Orang;

Fauzan Widyanursasongko Yusuf dan Restu Dwi Saptoaji“Rancang Bangun Aplikasi Pemetaan Jalur Ekowisata Perhutani berbasis Mobile Multi Platform Dengan Fitur Augmented Reality”, Tugas Akhir DIII Jurusan Elektro Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Kuwat Santoso, S.Kom, M.Kom., dan Slamet Handoko, S.Kom., M.Kom., Juli 2024
Ekowisata Perhutani Pekalongan yang berada di Kabupaten Pekalongan saat ini masih kurang memiliki daya tarik yang cukup. Berdasarkan perkembangan teknologi saat ini pengenalan taman wisata dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menarik, salah satunya dengan memanfaatkan fitur teknologi TI yaitu Aplikasi Pemetaan dan Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah teknologi berbasis Aplikasi dan Augmented Reality yang nantinya akan mempresentasikan jalur lingkungan sekitar Ekowisata Perhutani melalui aplikasi dengan augmented reality sehingga masyarakat akan lebih tertarik untuk mendatangi Ekowisata yang dikelola oleh Perhutani. Metode yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari 7 tahap yaitu Pengembangan Konsep, Desain Aplikasi, Pembuatan Komponen Aplikasi, Pembuatan Storyboard, Pengembangan Code, Pengujian Aplikasi, dan Pengembangan Fitur Tambahan Augmented Reality. Aplikasi yang digunakan dalam mengembangkan penelitian ini adalah Figma untuk desain aplikasi, Flutter untuk pembuatan aplikasi, dan Unity untuk Augmented Reality. Aplikasi ini menggabungkan fitur informasi pemetaan jalur dengan teknologi augmented reality. Aplikasi ini dapat diterapkan guna membantu wisatawan saat berwisata berbasis IT yang dimana wisatawan dapat terbantu dalam mencari suatu lokasi dengan fitur Augmented Reality yang penulis buat. Aplikasi ini sudah dilakukan ujicoba pada 30 pengguna dengan hasil kepuasan pada kuisioner yang menunjukkan persentase kepuasan pada angka 80,5%. Aplikasi Pemetaan jalur Ekowisata Perhutani masih dapat terus dikembangkan sehingga diharap dapat menciptakan fasilitas berbasis IT yang menarik bagi Ekowisata Perhutani.
Kata Kunci : Aplikasi Pemetaan, Augmented Reality, Ekowisata Perhutani


Fulltext
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IK 0004 2024
Penerbit
Semarang : Politeknik Negeri Semarang., 2024
Deskripsi Fisik
xii, 68 hal; ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
computer
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
-
Subjek
TEKNIK INFORMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FAUZAN WIDYANURSASONGKO YUSUF
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Panduan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Si-Repo adalah platform digital yang dikelola oleh UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang, menyimpan karya ilmiah seperti Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis dari sivitas akademika Polines, untuk mendukung kebutuhan akademik, penelitian, dan pengembangan.

Pengunjung Web

Hari ini : Minggu ini : Bulan ini : Total :

© 2025 — Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?