• Beranda
  • Website Perpustakaan
  • Panduan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Penanda Bagikan

TA DIGITAL

Rancang Bangun Alat Pengukur Daya Mesin Sepeda Motor Yang Mempunyai Main Stand Non Matic Melalui Poros Spocket Dengan Kapsasitas Maksimal 20 HP

Mahfud Farizi - Nama Orang; Muhammad Zainudin - Nama Orang; Novida Atha Kusuma - Nama Orang; Wawan Eko Dwi Prasetyo - Nama Orang;

Latar belakang penulisan Tugas Akhir ini yaitu pada saat ini produsen sepeda motor bersaing dalam peningkatan performa sepeda motor, hal ini perlu dibuktikan kebenarannya dari spesifikasi yang dikeluarkan oleh produsen. Pada umumnya pengukuran daya dan torsi dilakukan dengan Dynotest yang memiliki dimensi besar, harga mahal serta tingkat keakurasian lebih rendah. Tujuan dari Tugas Akhir ini untuk menghasilkan sebuah alat ukur daya melalui poros sprocket yang memiliki dimensi yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah dan hasil lebih akurat. Metode yang digunakan dalam pembuatan Tugas Akhir ini yaitu studi literatur, studi lapangan, dan metode bimbingan. Prinsip kerja alat ukur ini yaitupenerusan putaran mesin melalui poros sprocket yang terhubung dengan disc brake kemudian diberikan pembebanan sebesar 6 [bar] melalui mekanisme pengereman yang terhubung dengan lengan momen yang di ujungnya terdapat alat ukur tekanan. Data tekanan yang terbaca pada alat ukur kemudian diolah dengan menggunakan persamaan daya dan torsi, sehingga didapatkan data dari sampel pengujian daya dan torsi berturu-turut untuk Yamaha Vixion sebesar 12,95 [HP] dan 11,88 [Nm], untuk CB150R daya dan torsi sebesar 16,02 [HP] dan 16,34 [Nm] dan untuk Suzuki Satria F150 nilai daya dan torsi sebesar 14,85 [HP] dan 11,88 [Nm]. Hasil dari perbandingan antara sampel uji dengan spesifikasi produsen dan hasil dynotest didapatkan bahwa nilai daya dan torsi pada Yamaha Vixion berada di bawah spesifikasi dan dynotest, sedangkan untuk Honda CB150R dan Suzuki Satria F150 berada di atas spesifikasi dan dynotest.


Fulltext
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
ME 018 MAH 2014
Penerbit
Semarang : Politeknik Negeri Semarang., 2014
Deskripsi Fisik
xviii, 78 hal.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
ME018/14
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MESIN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

  • Panduan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Si-Repo adalah platform digital yang dikelola oleh UPA Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang, menyimpan karya ilmiah seperti Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis dari sivitas akademika Polines, untuk mendukung kebutuhan akademik, penelitian, dan pengembangan.

Pengunjung Web

Hari ini : Minggu ini : Bulan ini : Total :

© 2025 — Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?