TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Kantor Cabang Pembantu Siliwangi Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan model analisis regresi linier berganda dengan dua jalur (Path Analysis) serta teknik analisis menggunakan uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (Adjusted R Square). Di samping itu juga dilakukan uji kualitas data berupa uji validitas dan reliabelitas serta pengujian asumsi klasik berupa uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas dan autokorelasi.
Pengujian data menunjukkan data valid dan reliabel serta terbebas dari penyimpangan asumsi klasik. Hasil analisis dan pembahasan pada jalur pertama menunjukkan bahwa kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pada jalur kedua menunjukkan kualitas layanan dan kepuasan nasabah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Kantor Cabang Pembantu Siliwangi Semarang. Kualitas layanan dan kepuasan nasabah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening antara kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Kantor Cabang Pembantu Siliwangi Semarang.
Tidak tersedia versi lain