TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Britama Pada PT BRI Indonesia (Persero), TBK KCP Kudus
Penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Britama pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Kudus” bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bukti fisik (Tangible), kehandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), empati (Empathy) terhadap kepuasan Nasabah Tabungan Britama pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Kudus.
Penelitian ini menggunakan metode survei. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan datanya adalah kuesioner dan studi pustaka. Kemudian metode pengolahan datanya adalah editing, coding, dan tabulating. Sedangkan metode analisis datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik dan pengukuran pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan. Sampel yang diambil adalah 100 nasabah tabungan Britama pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Kudus dengan menggunakan metode purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel-variabel kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara parsial dan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan Nasabah Tabungan Britama pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Kudus. Besarnya koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 94,3% dan sisanya 5,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain