TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan (Studi Kasus pada Nasabah Tabungan Simpedes PT BRI (Persero) Tbk, Unit Tlogosari Semarang)
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan yang berupa kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan wujud terhadap kepuasan nasabah tabungan Simpedes Bank BRI Unit Tlogosari Semarang. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini mengambil judul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Simpedes Pada Bank BRI Unit Tlogosari Semarang”.
Dalam penelitian ini mengambil populasi nasabah tabungan Simpedes BRI Unit Tlogosari Semarang sampai tahun 2012, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 90 responden.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui kualitas pelayanan yang berupa kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan wujud secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan Simpedes BRI Unit Tlogosari Semarang. Uji F menunjukan keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan wujud secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sebesar 71,2 % kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan wujud. Sedangkan sisanya 28,8% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel yang diteliti seperti pesaing.
Tidak tersedia versi lain