TA DIGITAL
Persepsi Nasabah Tabungan BNI Taplus Tentang Kualitas Layanan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK UNDIP Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi nasabah BNI Taplus
mengenai kualitas layanan yang diberikan oleh BNI UNDIP Semarang, dilihat dari karakteristik
responden berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan tingkat pendidikan terakhir yang dimiliki
responden atau nasabah yang sudah pernah berinteraksi langsung dalam melakukan transaksi di BNI
UNDIP Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah di BNI UNDIP Semarang, sedangkan sampelnya adalah
nasabah BNI UNDIP Semarang yang mempunyai rekening BNI Taplus. Metode pengambilan sampel dilakukan
dengan metode accidental sampling. Data dianalisis dengan uji kualitas data dan tabulasi data yaitu
dengan menguji kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta mentabulasikan
data hasil kuesioner ke dalam Microsoft Excel 2007. Jawaban- jawaban dikelompokkan dengan cara yang
teliti dan teratur, kemudian dihitung, dan dijumlah berapa banyak items yang termasuk dalam satu
kategori.
Hasil uji kualitas data menunjukkan valid dan reliabel, serta hasil dari tabulasi data menunjukkan
bahwa persepsi nasabah terhadap ketiga dimensi yang menilai tentang kualitas layanan yaitu kualitas
interaksi, kualitas lingkungan fisik dan kualitas hasil adalah positif. Terlihat dari 90 (sembilan
puluh) responden yang menjawab pertanyaan pada 16 indikator mengenai kualitas layanan, 14 indikator
dipersepsikan positif oleh responden dan persepsi negatif hanya terdapat pada 2 indikator yaitu
indikator gedung yang megah dan indikator tempat parkir yang luas
dan aman.
Tidak tersedia versi lain