TA DIGITAL
Analisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, nilai nasabah dan citra bank terhadap customer retetion dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, nilai
nasabah, dan citra bank terhadap customer retention dengan kepuasan nasabah sebagai variabel
intervening pada nasabah tabungan PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan PT Bank Syariah
Mandiri Kantor Cabang Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 115 nasabah tabungan aktif PT
Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan model
persamaan struktural. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan confirmatory
factor analysis dan regression weights dengan mempergunakan Structural Equation Modeling dengan
program komputer Amos 21.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan(C.R sebesar -0,796 dan Prob. sebesar 0,426)
memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, kualitas produk (C.R
sebesar 1,246 dan Prob. sebesar 0,213) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
kepuasan nasabah, nilai nasabah(C.R sebesar 0,511 dan Prob. sebesar 0,609) dan citra bank (C.R
sebesar 0,456 dan Prob. sebesar 0,648) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
kepuasan nasabah, begitu pula dengankepuasan nasabah
(C.R sebesar 7,758 dan Prob. sebesar 0,000) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap
customer retention nasabah tabungan pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang
Semarang.
Tidak tersedia versi lain